"Korean Martial Art and Modern Combat Sport Practices All Over the World!!!"

09 April 2009

Kliping : Kaltim Tanggung Fasilitas dan Akomodasi


Jumat, 13 Maret 2009 | 22:34 WITA

SAMARINDA, - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Jumat (13/3) kemarin menyambut kedatangan atlet Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Asian Martial Art Games I (AMAG) dan Pelatnas Sea Games Laos Desember 2009 di Kantor Gubernur. Pada kesempatan ini, Awang secara resmi membuka Pelatnas AMAG dan Sea Games yang diselenggarakan di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda, 10 Maret - awal Desember 2009.

Sebagai salah satu daerah yang memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, KONI Pusat menunjuk Kaltim sebagai salah satu tuan rumah Pelatnas. Bahkan, kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menanggung semua fasilitas dan akomodasi selama Pelatnas membuat KONI Pusat memberikan kepercayaan kepada Kaltim untuk menjadi tuan rumah Pelatnas AMAG yang harus lebih diprioritaskan waktu pelaksanaannya. Sebab, pelaksanaan AMAG tak kurang dari satu bulan lagi atau tepatnya pada 25 April - 3 Mei di Bangkok Thailand.

Kedatangan atlet-atlet Pelatnas AMAG disambut baik Awang. Kepada para atlet, pelatih dan manajer, Awang mengucapkan selamat datang di Kaltim. "Saya ucapkan selamat datang di Kaltim. Meskipun kalian berada di Kaltim, tapi anggap saja ini rumah sendiri," kata Awang.

Sebagai tuan rumah, kata Awang, Kaltim berusaha memberikan yang terbaik untuk suksesnya pelaksanaan Pelatnas ini. Sebab, Pelatnas AMAG dan Sea Games membawa misi negara di dunia olahraga. Sebagai tuan rumah, Awang meminta kepada seluruh masyarakat Kaltim untuk menjadi tuan rumah yang baik kepada atlet, pelatih dan manajer Pelatnas.

Awang juga berharap kepada semua atlet yang mengikuti Pelatnas di Kaltim untuk bisa mempergunakan fasilitas yang disediakan oleh Kaltim, dan pada akhirnya diharapkan dapat mempersembahkan prestasi tertinggi untuk Indonesia.

Berdasarkan Surat Ketua KONI Nomor 383/UMN/II/09 tanggal 20 Februari 2009 disebutkan bahwa secara resmi Kaltim ditunjuk menjadi tuan rumah Pelatnas Terpadu untuk tujuh cabang olahraga yaitu karate, pencak silat, wushu, judo, taekwondo, gulat dan menembak. Dari tujuh cabor ini, enam cabor bela diri akan dipelatnaskan di Stadion Madya Sempaja. Sedangkan cabor menembak akan digelar di lapangan menembak di Balikpapan.

Namun, untuk saat ini prioritas Pelatnas AMAG lebih didahulukan mengingat waktu pelaksanaan AMAG yang sudah dekat, 25 April - 3 Mei di Bangkok. Adapun, Pelatnas AMAG di Kaltim hanya diikuti empat cabor, yaitu karate, pencak silat, wushu dan judo.

Komandan Pelatnas AMAG Madju Dharyanto Hutapea mengatakan, maksud dan tujuan KONI Pusat menunjuk Kaltim sebagai tuan rumah Pelatnas adalah untuk mendayagunakan fasilitas olahraga yang representatif yang dimiliki Kaltim pasca PON XVII. Selain itu, kata Madju, komitmen yang kuat dari Pemprov Kaltim untuk meningkatkan olahraga di Kaltim dan Indonesia menjadi salah satu alasan KONI Pusat mempercayakan Kaltim menjadi tuan rumah Pelatnas. "Pak Gubernur Kaltim ini punya komitmen yang kuat untuk meningkatkan olahraga di Kaltim dan Indonesia. Karena itu KONI Pusat sangat respek dan menunjuk Kaltim sebagai tuan rumah," kata Madju.

Madju mengatakan, saat ini Pelatnas AMAG sudah mulai dilaksanakan. Atlet-atlet dari empat cabor yang dipelatnaskan di Samarinda pun sudah mulai memasuki Hotel Atlet Sempaja sejak Selasa (10/3) lalu. "Sebenarnya Pelatnas Asian Martial Art ini ada lima cabor, karate, pencak silat, wushu, judo dan taekwondo. Tapi karena PB PTI (Pengurus Besar Persatuan Taekwondo Indonesia) lebih memilih melakukan Pelatnas di Jakarta, akhirnya Pelatnas Asian Martial Art di Samarinda hanya empat cabor," ujarnya.

Madju menambahkan, jumlah atlet Pelatnas AMAG berjumlah 103 atlet dan 18 pelatih. Untuk menyaring atlet yang akan diberangkatkan mengikuti AMAG di Bangkok akhir April mendatang, akan digelar Seleksi Nasional (Seleknas) di Samarinda. Selain diikuti atlet Pelatnas, Seleknas ini juga akan diikuti oleh atlet-atlet PAL (Program Atlet Unggulan).
"Tanggal 27-29 Maret akan digelar Seleknas di Samarinda. Seleknas ini akan diikuti semua atlet Pelatnas dan atlet PAL. Jadi nanti atlet Pelatnas taekwondo yang saat ini berlatih di Jakarta akan datang ke Samarinda. Begitu juga atlet PAL yang saat ini melakukan TC (trainning centre,red) di Jakarta juga akan datang ke Samarinda," ujarnya.

Indonesia sendiri akan mengikuti lima cabor dari sembilan cabor yang dipertandingkan pada AMAG mendatang, yaitu karate, pencak silat, wushu, judo dan taekwondo. Adapun empat cabor yang tidak ikuti Indonesia adalah kick boxing, muaythai, jujitsu dan kurash karena Indonesia tidak memiliki atlet untuk keempat cabor tersebut.(eza)

berita sebenarnya dapat diakses di
Link : http://www.tribunkaltim.co.id/read/artikel/24173

0 komentar: