"Korean Martial Art and Modern Combat Sport Practices All Over the World!!!"

27 August 2010

Misinya, agar Atlet Indonesia Tak Dicurangi Lagi

Senin, 28 September 2009 , 09:54:00
Sumber : Kaltim PosOnline

Raphael J Rosok, Wasit Taekwondo Asal PPU yang Mencari Lisensi Internasional

PENAJAM - Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Kaltim kini boleh berbangga. Salah satu wasit nasional taekwondo asal Penajam Paser Utara, Raphael J Rosok, tengah mengikuti sertifikasi lisensi internasional dalam gelaran International Referee (IR) di Manila, Filipina, 24 – 27 September.

Saat ini, Raphael yang juga bertindak sebagai Ketua Bidang Penelitian, Pengembangan dan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (Binpres KONI) Pemkab PPU, merupakan salah satu dari sedikit wasit Indonesia yang mengikuti lisensi internasional untuk olahraga taekwondo.

“Dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, karena bersaing dengan para wasit dari seluruh Dunia,” terang Raphael.

Wasit taekwondo dari Indonesia yang mengikuti sertifikasi lisensi ini tercatat hanya 6 orang dari seluruh Indonesia, dan Raphael merupakan satu-satunya wasit dari Kaltim yang ikut sertifikasi.

Raphael mengungkapkan, selain dirinya, ada 5 orang wasit kelas nasional lain yang mengikuti sertifikasi untuk mendapatkan lisensi internasional.

“Saya tidak sendirian berangkat ke Manila, selain saya, ada 2 wasit dari Jawa Barat, 2 orang dari Jateng, dan satu orang dari Sumatera Barat,” terang Raphael.

Wasit asal Kaltim yang sering mendapatkan gelar wasit terbaik dari berbagai event pertandingan taekwondo nasional ini mengaku dirinya cukup yakin bisa mendapatkan lisensi tersebut. Hal ini dari pertimbangan memiliki pengetahuan yang cukup bagus di bidang olahraga bela diri ini, dan juga dari pengalamannya puluhan tahun menggeluti dunia perwasitan taekwondo di Indonesia.

“Saya optimistis, tetapi semuanya di tangan Tuhan,” terangnya merendah, saat ditemui Kaltim Post, sehari sebelum keberangkatannya.

Misinya saat ini, dengan diperolehnya lisensi wasit internasional, ia optimistis perkembangan olahraga taekwondo di Kaltim bisa maju, dan mendapatkan prestasi lebih baik, di tingkat nasional maupun internasional.

“Penilaian olahraga taekwondo berdasarkan keputusan wasit, jadi dengan banyaknya wasit kita memiliki lisensi internasional, kita tidak takut dicurangi, karena keputusan wasit yang tidak fair play,” tutup pria yang sudah mencapai tingkat Dan V atau Ku Kki Won ini. (*/nan)

1 komentar:

Anonymous said...

hey there taekwondokaltim.blogspot.com owner discovered your site via yahoo but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found site which offer to dramatically increase traffic to your website http://xrumer-service.com they claim they managed to get close to 4000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my website. Hope this helps :) They offer best services to increase website traffic Take care. Jeremy