"Korean Martial Art and Modern Combat Sport Practices All Over the World!!!"

24 August 2010

Taekwondo Kaltim Juara Umum Kejurnas di Malang

Minggu, 8 Agustus 2010
Taekwondo Kaltim Juara Umum
Kejurnas di Malang
Sumber: Samarinda Post Online


SAMARINDA. Kontingen Kaltim mempertahankan tradisi sebagai juara umum di kejuaraan nasional (kejurnas). Setelah pada 2006 dan 2007 menjadi juara umum, Kaltim mengulang sukses yang sama tahun ini pada Kejurnas Senior dan Junior di Malang, Jawa Timur yang dimulai sejak 4 Agustus dan berakhir kemarin (7/8).

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Kaltim Alfons T Lung menjelaskan, Kaltim meraih 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu di kategori senior.

Emas diraih Eka Sahara (min 73 Kg), Silvi Rosok, dan Junaidi Alfred Blegur (Under 68 Kg). Sementara medali perak diraih Nurul Fadillah (Under 57 Kg) dan Krisnawati (Under 67 Kg). Sementara di kategori junior hanya meraih 4 perunggu. "Kita tak menyangka bisa menjadi juara umum. Sebelum kejuaraan yang penting anak-anak bisa meraih medali," ujar Alfons.

TI Kaltim tak menargetkan menjadi juara umum. Namun menargetkan bisa meraih 4 medali emas. Namun target itu meleset karena Nurul cedera di babak akhir sehingga hanya meraih perak. Selain itu, lanjut Alfons, kekuatan taekwondo nasional saat ini tak bisa diprediksi karena sudah merata. Kejuaraan itu sendiri diikuti 33 provinsi.
"Di senior kita bersaing dengan Jateng dan DKI. Karena itu meski hanya tiga medali kita jadi juara umum," tandasnya.

Kendati demikian, TI Kaltim berbangga karena taekwondoin yang dikalahkan di kategori senior merupakan penghuni pemusatan latihan nasional (pelatnas) Asian Games dan SEA Games. Karena itu pula, kejurnas tersebut menjadi ajang seleksi bagi PB TI untuk promosi dan degradasi atlet pelatnas.
"Selama kejuaraan di pantau 6 anggota talent scouting. Peluang atlet kita lolos seleksi menjadi lebih besar karena mampu mengalahkan atlet pelatnas," ungkapnya. Dari tiga peraih emas, hanya Eka Sahara yang latihan di Pelatnas. Sementara Silvy dan Junaidi Alfred latihan di daerah.

Alfons melanjutkan, kejurnas ini menjadi salah satu parameter bagi Kaltim menuju Pra PON XVIII/2012 di Riau. Dengan predikat juara umum, Kaltim siap menghadapi Pra PON namun harus melakukan persiapan sejak jauh hari. "Kita harus kerja keras karena kekuatan merata. Kalau terlena dengan hasil sekarang, siap-siap terjun bebas," ujar mantan atlet taekwondo nasional ini. Karena itu, kata Alfons, Pra PON menjadi tantangan dan beban bagi Kaltim.

Ditambahkannya pula, Ketua Umum TI Kaltim Andi Harun ST sudah mengetahui hasil tersebut dan menyambut dengan gembira. Para peraih medali disiapkan bonus sekembalinya ke Samarinda. (nin)

0 komentar: