"Korean Martial Art and Modern Combat Sport Practices All Over the World!!!"

28 August 2010

Puasa, TI Kaltim Tetap Genjot Atlet

Sabtu, 28 Agustus 2010 , 08:51:00
Sumber : Kaltim Pos

Normal Dua Kali Sehari, Puasa Cukup Sekali

SAMARINDA - Semakin dekat berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 Riau membuat Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Kaltim terus menggenjot atletnya agar lolos dalam Pra-PON yang diperkirakan dimulai Juni 2011 mendatang.

Kendati saat ini porsi latihan cenderung tereduksi karena puasa, tapi taekwondoin Kaltim terus mendapatkan latihan intensif yang di pusatkan di GOR Stadion Madya Sempaja Samarinda.

“Anak-anak tetap latihan. Tapi porsinya memang dikurangi,” ungkap Eny Pangestuningsih, salah satu pelatih taekwondo putri Kaltim.

Eny mengatakan, untuk taekwondoin yang menjalankan ibadah puasa, maka porsi latihan hanya diberikan selama 2 jam, mulai pukul 16.00 hingga 18.00 Wita.

“Kita memberikan latihan dengan melihat kondisi atlet. Kalau memang bagus dan cuacanya mendukung maka latihan dijalani dua jam. Sementara untuk yang non-muslim latihan tetap dua kali sehari, pagi dan sore,” tambahnya.

Memang saat ini, Pengprov TI Kaltim belum menentukan siapa yang akan mewakili Kaltim untuk mengikuti Pra-PON. Tapi, Eny tak mengelak jika hasil Kejurnas Taekwondo yang digelar di Malang awal Agustus lalu menjadi bahan pertimbangan.

“Biasanya, sebelum ditentukan siapa yang akan mewakili Kaltim, Pengprov akan menggelar Kejurda Pra-PON tiga bulan sebelum keberangkatan. Dan, paling lambat sebulan sebelum Pra-PON tim sudah terbentuk,” jelas Eny.

Saat ini, sebanyak 14 taekwondoin tengah menjalani Pemusatan Latihan Terpadu Daerah (Puslatda) di GOR Madya Sempaja. Mereka sudah menjalani latihan sejak Mei lalu.

Sementara itu, prestasi taekwondoin Kaltim di tingkat nasional cukup lumayan. Dalam Kejurnas di Malang awal Agustus lalu, Kaltim sukses menggondol 3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu di kategori senior. Dengan torehan ini, Kaltim pun menjadi juara umum untuk kategori senior. (*/nan)

0 komentar: